Thursday 24 March 2016

Beli Kopi Murah Dengan Perilaku Ramah

Beli Kopi Murah Dengan Perilaku RamahIlustrasi kafe. (Eak_kkk/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagaimana bahasa yang Anda gunakan saat memesan kopi di kafe? Jika menyelipkan kata “halo”, “terima kasih”, dan “tolong” maka Anda dianggap tahu etika, seorang yang sopan. Namun jika hanya menunjuk menu sambil bilang “kopi” dengan muka ditekuk, maka Anda akan dianggap menyebalkan.

Umumnya sikap tak sopan di ruang publik dianggap mengganggu, malah terkadang bikin harga kopi mahal.

Di Prancis, seperti dilansir Wine and Dine, negara yang sangat mengagungkan sopan santun, saat ini ada dua kafe yang memberlakukan harga bertingkat berdasarkan keramahan. L'Hamburgé di Grenoble menetapkan harga €1 atau setara Rp15.000 jika Anda sopan dan €1,50 jika Anda sangat menyebalkan.

Di tempat lain, La Petite Syrah di Nice, ada tiga tingkatan harga bagi tiga jenis perilaku: harga kopi €1,40 bagi yang mengatakan, “Halo, tolong, satu kopi, ya.” Harga €4,25 jika tanpa kata sapaan (hai, halo), dan €7 jika hanya bilang “kopi”.

Ya, Anda kena hukum jika mengatakan hanya satu kata akibat terlalu malas mengucapkan kata yang lebih panjang. 

Ini bukan kali pertama kafe-kafe di Eropa membuat percobaan dengan skema harga berdasarkan perilaku.

Posting Reddit pada 2013 berjudul "A Little Politeness Goes a Long Way", menunjukkan menu kafe Italia yang ditulis tangan disusun persis seperti di La Petite Syrah. Fenomena ini tampaknya muncul tiap beberapa tahun.

Apakah ini legal? Akankah diberlakukan juga di luar Eropa hingga menyebar di seluruh dunia? Untuk sementara, biasakan saja dulu ramah tiap memesan makanan di mana saja.

No comments:

Post a Comment