Wednesday 23 March 2016

Konsumsi Smoothies Hanya Boleh 150 ml Per Hari

Konsumsi Smoothies Hanya Boleh 150 ml Per HariIlustrasi smoothies. (Thinkstock/Lecic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Konsumsi smoothies hanya boleh satu dari lima porsi buah dan sayuran yang selama ini diyakini. Demikian arahan yang dikeluarkan Kesehatan Masyarakat Inggris, seperti dilansir Independent.

Rilis baru Eatwell Guide oleh lembaga tersebut memperingatkan bahwa masyarakat hanya boleh minum segelas smoothie ukuran 150 ml per hari dengan pertimbangan tingginya kadar gula dalam minuman tersebut. Dan ini haruslah dihitung hanya satu porsi buah dan sayur.

Menurut petunjuk baru itu, berarti merek-merek smoothie akan dipaksa berhenti mengklaim bahwa produk yang mereka jual dalam porsi 250 ml, dianggap dua atau tiga dari lima porsi buah atau sayuran.

Smoothie yang biasanya dijual dalam kemasan botol 250 ml mengandung 30 gram gula, yakni 100 persen jumlah rata-rata harian yang boleh dikonsumsi orang dewasa.

Jumlah tersebut lebih dari dua kali lipat kandungan gula di pisang, dan enam kali lipat kadar gula di wortel.

Kesehatan Masyarakat Inggris juga meng-up-date “pinggan Eatwell”-nya, yang menyajikan petunjuk visual tentang seberapa banyak masing-masing makanan boleh dimakan.

Petunjuk sebelumnya, yang dirilis pada 2014, di gambarnya ada minuman ringan, cake, dan cokelat dalam jumlah kecil. Artinya, makanan ini harus dimakan dalam jumlah sedang sebagai bagian dari pola makan sehat.

Sedangkan versi pinggan Eatwell terbaru yang dirilis pada 2016, gambar makanan-makanan tersebut hanya ada di tepi pinggan bersama saran “makanlah lebih sering dalam jumlah kecil”.

Petunjuk baru ini keluar bersamaan akan diperkenalkannya pajak gula untuk minuman ringan di Inggris sebagai bagian dari upaya melawan kegemukan pada anak-anak. Diterapkannya pajak baru ini, berarti minuman ringan kalengan dengan kadar gula tinggi akan lebih mahal 8 pence atau setara Rp1500.                   

No comments:

Post a Comment