Tuesday 23 February 2016

Tips Buat Tumisan Jadi Lebih Beraroma ala Chef Watanabe


Tips Buat Tumisan Jadi Lebih Beraroma ala Chef Watanabe ilustrasi tumisan (Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap kali memasak, tiap orang pasti ingin bisa menghasilkan rasa yang enak. Aneka bumbu dan rempah pun digabungkan untuk menghasilkan kombinasi rasa yang sempurna.

Saat memasak, Anda biasanya menumis berbagai bumbu rempah ini sampai harum kemudian baru ditambahkan bahan lainnya. Cara ini dianggap bisa membuat rasa makanan jadi lebih nikmat dan harum karena bumbunya sudah matang dan bisa meresap ke dalam bahan masakan lainnya.

Namun, cara ini ternyata tak dilakukan oleh Chef Akira Watanabe. Chef asal Jepang ini ternyata punya cara yang berbeda ketika sedang memasak. Watanabe ternyata lebih suka menambahkan bumbu rempahnya di saat terakhir, saat semua bahan utama sudah matang.

"Ketika memasak, tumis terlebih dulu bahan makanan yang punya aroma yang kuat dan juga yang teksturnya keras," kata Watanabe saat demo memasak di pembukaan restoran ke-duanya di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, belum lama ini.
Watanabe mencontohkan, saat akan menumis memasaak seafood, maka lebih baik memasukkan kepiting, kerang dalam minyak panas. Setelahnya agak matang, baru masukkan scallop yang teksturnya lebih empuk.

Jika mengolah jamur, pastikan jamur ini ditumis terlebih dulu setelah minyak goreng yangu dipakai ini dipanaskan. Setelah jamur menjadi layu dan matang, Anda bisa menambahkan bahan lainnya. Menjelang diangkat dari kompor, Anda bisa menambah sedikit bawang putih untuk menguatkan rasa.

"Dengan menambahkan bahan yang aromanya kuat, aroma masakannya juga jadi lebih enak."

Penambahan bumbu ini hanya bertujuan untuk memperkuat citarasa dari bahan makanan yang sudah ada. Pada dasarnya, semua bahan makanan sudah punya citarasanya sendiri, sehingga fungsi bumbu sebenarnya hanya untuk menambah aroma dalam masakan. Selain itu, penumisan bumbu di awal minyak panas, akan membuat bumbu ini jadi mudah gosong.

No comments:

Post a Comment