Friday 18 March 2016

Prancis, Negara Pengonsumsi Hamburger Terbanyak di Eropa

Prancis, Negara Pengonsumsi Hamburger Terbanyak di EropaIlustrasi. (Thinkstock/Ehaurylik)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama ini, masyarakat mengidentikkan makanan Prancis dengan hidangan mewah foie gras yang disajikan dengan bahan-bahan yang cukup sulit dilafalkan. Anda menyangka demikian juga?

Meski dikenal gemar menyantap sajian spesial, ternyata masyarakat Prancis punya selera yang mirip dengan masyarakat Amerika Serikat.

Menurut sebuah studi terbaru, hampir 75 persen restoran di Prancis menyediakan hamburger dalam menu mereka dan 80 persen mengatakan burgernya termasuk yang paling banyak dipesan.

"Burger mania (di Prancis) tak terhentikan,” ujar Bernard Boutboul, direktur Gira Conseil, firma konsultan kuliner di balik penelitian tersebut, kepada The Telegraph.

Penjualan burger di Prancis meningkat signifikan, didorong berkembangnya waralaba burger, seperti Shake Shack dan Five Guys. Pendapatan jaringan restoran burger lebih dari US$70 miliar atau setara Rp915 triliun pada 2013.

Tahun lalu, di Prancis, orang makan 1,19 miliar tangkup burger, atau rata-rata 16 burger per orang per tahun. Angka itu naik 11 persen dalam setahun.

Burger jadi demikian populer hingga bisa-bisa menggantikan menu makan siang andalan Prancis, "jambon beurre" (baguette, butter, dan ham). Penjualan sandwich klasik turun jadi 1,23 miliar tangkup pada 2015.

“Jika terus begini, maka dalam dua tahun penjualan jambon-beurre dan burger akan bersaing ketat,” kata Boutboul.

Bukan hanya restoran mewah yang menuai keuntungan dari obsesi burger Prancis. Negara tersebut adalah pasar terbesar McDonald's di luar AS dan salah satu negara di dunia yang jaringannya membukukan peningkatan pendapatan tahun lalu.

Boutboul mengatakan restoran cepat saji McDonald’s, Burger King, dan jaringan restoran Prancis, Quick, melaporkan sepertiga penjualan adalah dari burger, di negara itu.

Burger tersebut, ujar Boutboul sudah melesat “dari fast food dasar ke restoran berbintang Michelin. Bukan lagi iseng-iseng, melainkan sudah jadi jalan hidup. Burger tak lagi hidangan yang salah tempat di restoran mewah.”

Namun demikian jalan Prancis masih panjang jika ingin mengalahkan konsumsi burger masyarakat Negeri Paman Sam.

Pada 2014, restoran Amerika Serikat menjual lebih 9 miliar tangkup burger. Artinya, rata-rata orang Amerika melahap lebih 28 burger pada tahun itu.

No comments:

Post a Comment