Sunday 13 March 2016

Empat Makanan yang Ampuh Bikin Langsing



Empat Makanan yang Ampuh Bikin Langsing Cabai ternyata bisa membantu menurunkan berat badan. (Thinkstock/gitusik)

Jakarta, CNN Indonesia -- Apa yang pertama kali terlintas di benak saat mendengar kata diet? Kebanyakan orang menganggap diet berarti tidak makan agar berat badan bisa berkurang.

Padahal itu anggapan yang salah.

Diet berarti mengatur asupan makanan agar tubuh bisa mendapatkan nutrisi optimal untuk beraktivitas. Ditambah olahraga teratur, tubuh langsing bukan mustahil.

Faktanya, menurunkan berat badan secara sehat memang bukan hal yang instan, melainkan butuh proses yang panjang. Alasannya karena tubuh perlu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

“Diet yang baik melibatkan asupan nutrisi seimbang dan olahraga teratur. Keduanya saling melengkapi. Hanya melakukan salah satu akan membuat proses penurunan berat badan tidak efektif,” sebut juru bicara British Dietetic Association spokeswomen Claire Pettitt, dikutip dari The Independent.

Lalu, adakah makanan "ajaib" yang bisa membantu penurunan berat badan? Jawabannya: ada.

Terdapat empat makanan yang biasa ditemukan sehari-hari, yang ternyata bisa membantu meningkatkan pembakaran lemak. Apa saja?

Yoghurt Yunani
Yoghurt Yunani atau Greek Yogurt bertekstur creamy dan kaya protein. Berbeda dengan yoghurt lainnya, Greek Yoghurt juga rendah kadar gula dan karbohidrat, sehingga lebih sehat.

Nasi Merah
Dibandingkan nasi putih, nasi merah punya kandungan serat jauh lebih banyak. Imbasnya, nasi merah lebih lama dicerna oleh tubuh, yang berarti, rasa kenyang bertahan lebih lama. Hal ini juga menyebabkan tubuh lebih banyak mencerna cadangan lemak sebagai sumber energi. Itulah sebabnya nasi merah kerap masuk dalam menu diet.
Nasi merah mengandung lebih banyak kandungan serat sehingga membuat tubuh kenyang lebih lama. (Songbird839/Thinkstock)
Cabai
Kabar baik bagi para pencinta pedas. Sebuah penelitian dari University of Wyoming menyimpulkan bahwa capsaisin, zat penyebab rasa pedas pada cabai, ternyata bisa mempercepat metabolisme dan membantu tubuh mengubah lemak jenuh yang buruk bagi tubuh, menjadi energi.

Semangka
Selain segar dan nikmat disantap di saat cuaca panas, semangka mengandung banyak vitamin A dan C dan air. Kombinasi ketiga hal itu akan membuat tubuh kenyang lebih lama dan di sisi lain, membantu mengurangi berat badan.

No comments:

Post a Comment