Wednesday 23 March 2016

Alasan Biologis Payudara Terasa Nyeri Saat Menstruasi

Alasan Biologis Payudara Terasa Nyeri Saat Menstruasiilustrasi payudara (Thinkstock/AntonioGuillem)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat sedang menstruasi, seringkali payudara akan terasa nyeri. Rasa nyeri ini seringkali membuat payudara menjadi keras, berat, dan seringkali berdenyut.

Saat sedang menstruasi, payudara seringkali berubah jadi musuh terburuk Anda. Sebenarnya hal ini adalah hal yang normal. Payudara akan kembali melunak dan normal ketika Anda sudah selesai menstruasi.

Mengutip Huffington Australia, Dr Judith Reddrop dari Women's Wellbeing, nyeri payudara ini semua dipengaruhi oleh hormon.

"Ini semua terjadi karena memuncaknya hormon saat siklus menstruasi," kata Reddrop. "Estrogen mencapai puncaknya sekitar pertengahan siklus Anda. Sedangkan progesteron mencapai puncak pada minggu berikutnya."

Kedua peningkatan hormon ini meningkat pada paruh kedua siklus Anda. Ibaratnya seperti ada 'pesta hormon' dalam payudara Anda.

"Hal ini akan sangat berpengaruh pada payudara karena adanya reseptor estrogen dan progesteron," ujarnya.

Pengaruh progesteron dan estrogen pada payudara ini akan membuat payudara membengkak, sesak, dan menyebabkan benjolan.

"Rasanya pasti tidak nyaman, tapi ada alasan biologis mengapa hal ini terjadi. Dan ini menunjukkan hormon tubuh bekerja sangat efisien," kata Reddrop.

Untuk meredakan ketidaknyamanan ini, Reddrop punya beberapa trik sederhana. Salah satunya adalah mengompres payudara dengan air hangat.

"Selain itu, ada banyak hal lain yang benar-benar bisa membantu. Misalnya memakai bra yang pas, dan saat sedang olahraga pakailah bra olahraga yang sesuai," ucapnya. "Hanya saja banyak orang yang tidak tahu bahwa olahraga seminggu sebelum periode menstruasi Anda tampaknya benar-benar bisa membantu."

Selain dari kebiasaan berolahraga, makanan juga bisa membantu mengurangi nyeri.

"Hindari kafein karena bisa memperburuk gejala. Hindari juga terlalu banyak konsumsi garam dalam diet karena bisa menyebabkan retensi cairan yang membuat Anda merasa jadi lebih buruk."

Konsumsi vitamin B1 dan B6 sekitar 50-100 mg per hari dianggap juga bisa membantu. "Ketika benar-benar merasa sakit, obat sakit kepala atau obat antiinflamasi lainnya juga bisa berguna."

No comments:

Post a Comment