Tuesday 23 February 2016

Mahasiswa Jepang Ciptakan Sedotan Tanpa Suara

Browser anda tidak mendukung iFrame
Mahasiswa Jepang Ciptakan Sedotan Tanpa Suara ilustrasi sedotan (Kapa65/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pernah merasa malu saat menyesap air yang tinggal sedikit di dalam gelas? Malunya karena ada suara berisik yang terdengar saat menyesap sisa air ini. Suara ini dianggap sebagai salah satu suara berisik selain suara alarm mobil.

Untuk mengatasi hal ini, seorang mahasiswa Jepang menciptakan sebuah sedotan yang disebut silence straw. Mengutip The Daily Meal, silence straw adalah sedotan yang diklaim tak akan mengeluarkan suara berisik saat minum.

Menurut Rocket News 24, pencipta silence straw ini bernama Kotaro Takahashi. Dia adalah seorang finalis dari Kyoto University yang mengikuti program 'Projects for the Enhancement of Creativity' (SPEC). Lewat program ini, dia harus mendesain ulang sedotan biasa dengan teknologi yang bisa menghilangkan suara berisik saat menyedot air.

Menurut laporan, dia sudah mencoba beberapa prototipe dengan interior permukaan yang berbeda yang ternyata bisa secara drastis mengurangi suara berisik.

Hanya saja, proyek Takahashi ini masih butuh banyak perbaikan. Lewat proyek ini dia berharap bisa mendapatkan hibah sampai US$4400 dari sumbangan SPEC. Tujuannya untuk mendapatkan peralatan deteksi suara dan kamera yang lebih canggih demi bisa mengeliminasi suara sedotan.

Takahashi berharap, ketika dia sudah berhasil menciptakan sedotan tanpa suara, dia akan menjualnya ke seluruh dunia. Dia juga berharap bahwa nantinya tak akan ada orang di seluruh dunia yang bakal mendengar suara sedotan yang menjengkelkan lagi.

No comments:

Post a Comment